fandinistic
Hallo, Selamat Datang Di Blog Wrigrammer
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Wrigrammer
.

Mengenal Ukuran Satuan dan Mengukur Kecepatan Internet

ukuran dan mengukur kecepatan internet
(gambar: citizenjurnalism.blogspot.com)
Ukuran Satuan dan mengukur Kecepatan Internet

Juni 15 2014 | Sebagai pengguna Internet sudah seharusnya kita mengetahui ukuran satuan kecepatan internet dan cara mengukur seberapa cepat internet yang kita akses. Dengan demikian kita bisa lebih bijak memilih akses internet yang tepat.

Kelancaran komunikasi data di antara dua komputer atau lebih tergantung dari kecepatan jaringan internet tersebut untuk melewatkan data-data setiap waktunya. Kemampuan kecepatan internet untuk melewatkan data-data tergantung dari lebar pita jaringan atau sering yang biasa kita sebut bandwidth. Kecepatan jaringan data diukur dengan satuan internet yaitu bits per second/bps.

Pengetian bit dan second bit
Bit merupakan singkatan dari Binary Digit yaitu sebutan untuk satuan terkecil untuk muatan data/informasi, istilah tersebut pertama kali dipakai oleh John Tukey pada tahun 1946.

Bit merupakan ukuran terkecil data dalam sebuah komputer, bit hanyalah merupakan pilihan antara "0" dan "1". Dimana "0" berarti Off sedangkan "1" berarti On. Pada akhirnya komputer akan menkombinasikan kedua pilihan tersebut menjadi format digital yang lebih kompleks untuk menerjemahkan data yang diterima.

Mengenal satuan Byte
Byte adalah singkatan dari Binary Term yaitu byte juga adalah satuan kecepatan internet untuk memuat data atau informasi. Dimana besarnya per satu byte sama dengan delapan bit (1 byte = 8 bit).

Perbedaan antara bit dengan byte yakni, bit menggunakan satuan desimal, sedangkan byte menggunakan satuan biner. sehingga jika 1 byte = 8 bit, maka 2 byte = 16 bit, dan seterusnya.

Ukuran-ukuran byte dalam jumlah besar
  1. 1 kilobyte  = 2^10 bytes = 1.024 bytes
  2. 1 megabyte = 2^20 bytes = 1.048.576 bytes
  3. 1 gigabyte = 2^30 bytes = 1.073.741.824 bytes
  4. 1 terabyte = 2^40 bytes =  1.099.522.627.776 bytes
  5. 1 petabye =  2^50 bytes = 1.125.899.906.842.624 bytes
  6. 1 exabyte = 2^60 bytes = 1.152.921.504.606.846.976 bytes
Second
Second adalah satuan waktu, satu detik dihitung selama 1/60 menit. Dalama bahasa Indonesia second disebut detik. Satuan yang sering digunakan dalam perhitungan waktu ini adalah milidetik, mikrodetik, nanodetik, pikodetik. Dimana sati milidetik sama dengan 1/1000 detik.

bit per second (bps)
Bps memang tidak asing lagi bagi kalian yang sering menggunakan internet dan kelipatan umunya, seperti "kbps" dan "mbps". Bit per second adalah jumlah bit yang ditransfer dalam satu detik.

****
Nah, jika kalian sudah mengetahui ukuran satuan dalam kecepatan internet, maka saya akan mengajak kalian untuk mengecek kecepatan akses internet kalian. Banyak situs web yang menyediakan layanan untuk mengecek kecepatan akses internet, salah satunya adalah bandwidthplace.com.

Cara untuk mengecek kecepatan internet kalian adalah sebagai berikut:
  1. Kunjungi ke situs website nya ->> http://www.bandwidthplace.com/
  2. Setelah sudah di Homepage, kalian tidak perlu mengisi alamat IP kalian, karena IP kalian sudah terdeteksi.
  3. Lalu, klik start, dan tunggu beberapa detik, maka kalian tahu kecepatan akses internet kalian.
Bisa dilihat seperti screen shot di bawah ini:

speed test
(gambar: milik sendiri)
lihat screen shot di atas sebagai contoh

Ssekarang sudah tahu kan, ukuran satuan dan cara mengukur kecepatan internet, sekiranya itu saja yang bisa saya share ke kalian, tentunya postingan ini tidaklah sempurna, karenanya saya minta maaf, jika ada kesalahan dalam penyampaian, dan semoga postingan ini bermanfaat. Sekian.
Masukkan E-mail Anda untuk berlangganan Wrigrammer.
Cetak PDF
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

2 komentar

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Balas

| Jika ada pertanyaan, kritik, saran, koreksi, silahkan tuliskan komentar kalian |

Copyright © 2014. wrigrammer - All Rights Reserved | Modified by Ahmad Afandi| Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger