fandinistic
Hallo, Selamat Datang Di Blog Wrigrammer
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Wrigrammer
.

Sejarah dan Perkembangan Komputer dari tahun ke tahun

Generasi komputer
(gambar: varia.web.id)
generasi komputer dari tahun ke tahun

Juni 12 2014 | Komputer adalah seperangkat alat kerja yang dahulunya adalah sekedar hanya untuk operasi menghitung atau kalkulator. Namun seiring berkembangnya zaman, kini komputer tidak saja untuk menghitung namun lebih dinamis, lebih banyak kegunaannya, seperti untuk hiburan, bermain games, chatting, mengerjakan tugas dan lain sebagainya.

Sejarah Komputer

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa komputer adalah awal mulanya dipergunakan untuk memvisualisasikan orang yang mempunyai pekerjaan melakukan perhitungan aritmatika. Dalam pengertian yang paling mendasar, komputer adalah perangkat yang membantu manusia dalam berbagai macam perhitungan. Dalam hal ini, komputer pertama yakni sempoa yang digunakan untuk melakukan operasi aritmatika dasar.

Dalam sejarah dan perkembangan komputer, Sempoa atau Abacus merupakas awal dari lahirnya komputer. Komputer dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat. Hingga saat ini komputer dapat memproses gambar, suara, teks, dan benda non-numerik data lainnya. Yang perlu diingat semuanta itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar. Gambar, suara , teks dan lainnya hanyalah sebuah abstraksi dari angka-angka yang berderak di dalam sebuah mesin. Dalam komputer angka-angka tersebut yaitu "1" dan "0" yang mewakili kombinasi listril aktif dan non-aktif. Dengan kata lain setiap gambar, suara, teks dan lainnya di dalam komputer memiliki kode biner yang sesuai.

Untuk saat ini, komputer sudah sangat canggih, keren, ringan. Dalam sejarah terdapat lima generasi komputer.

Generasi Komputer

Generasi Pertama  (1940-1950)

 Komputer generasi pertama menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan komples seperti crystal diodes, relays, resistor, dan capacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 159 KW. Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk umun yaitu ENIAC (Electronik Numerial Integrator And Computer). Sudah berbentuk digital, namun belum menggunakan kode biner sebagai prosesnya. Digunakan untuk memecahkan rangkaian lengkap tentang masalah komputasi. Di program menggunakan plugboard dan switch, yang sudah mendukung input dan output dari IBM card.

Komputer elektronik pertama digunakan untuk non-umun yaitu ABC (Atanasoff-Berry Computer), Ten Bristish Colossus Computers, german Z3, LEO, UNIVAC, dan Harcard Mark I.

Generasi Kedua (1955-1960)

Komputer Generasi kedua muncul setelah ditemukannya transistor, yang kemudia mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer. Dengan transistor, daya panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Namun, masih jauh lebih besar komputer sekarang ini.

Komputer dengan transistor pertama dibuat di University of Manchester pada tahun 1953. Yang paling terkenal dari komputer transistor generasi kedua ini adalah IBM 1401. IBM juga menciptakan drive pertama (sebuha media penyimpanan) pada tahun 1956, yang lebih dikenal dengan IBM 350 RAMAC.

Generasi Ketiga (1960)

Walaupun trasnsistor dalam banyak hal mengungguli tabung vakum, tetapi transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Billy, seoramg insinyur dari Texas, USA. mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : Integrated Circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. pada ilmuwan yang kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga ini adalah penggunaan sistem operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serantak dengan sebuah program utama uang memonitor dan mengkoodinasikan memori komputer.

Generasi Keempat (1971)

Setelah IC, tujuan pengembangan komputer selanjutnya adalah menjadikannya lebih jelas: mengcilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat membaut ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam chip tunggal.

Microchip yang berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri dari beberapa microchips untuk komponen CPU yang berbeda. Microprocessor yang pertama kali dibuat yaitu jenis Intel 4004. Munculnya microprocessor melahirkan evolusi dari microcomputer, bentuk yang akhirmya akan menjadi komputer pribadi seperti saat ini yang kita kenal.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, lembaga pemerintahan, maupun di sekolah, saat itu penggunaan PC sangat melonjak bahkan sampai 65 juta PC digunakan pada tahun 1991, dari komputer yang berada di atas meja (dekstop komputer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), bahkan yang di genggam (palmtop).

****
Membicarakan teknologi memang tidak akan ada habisnya, Saya yakin nanti kedepannya akan muncul lagi perkembangan komputer yang saya pun tidak tahu bagaimana perkembangannya nanti, meskipun untuk saat ini komputer yang berbentuk PC, Laptop, dan Tablet adalah perkembangan dari komputer yang paling modern dan canggih, namun nanti sepuluh tahun ke depan pasti ada lagi yang lebih modern dan canggih dari tiga jenis komputer tersebut, saya pun tidak tahu, bagaimana komputer pada sepuluh tahun ke depannya.

refrensi : ilmupengetahuan.org, id.wikipedia.com
Masukkan E-mail Anda untuk berlangganan Wrigrammer.
Cetak PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Harrah's Resort Atlantic City to undergo facelift - Dr.MD
Harrah's Resort 제주 출장샵 Atlantic City has 안동 출장마사지 undergone a facelift 익산 출장안마 on its fourth anniversary this 순천 출장안마 week. The resort plans to have the 논산 출장샵

Balas

| Jika ada pertanyaan, kritik, saran, koreksi, silahkan tuliskan komentar kalian |

Copyright © 2014. wrigrammer - All Rights Reserved | Modified by Ahmad Afandi| Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger