fandinistic
Hallo, Selamat Datang Di Blog Wrigrammer
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Wrigrammer
.

Pengertian dan awal munculnya istilah SEO

SEO
(gambar: juragancipir.blogspot.com)
Pengertian dan awal munculnya SEO

Juni 9 2014 | SEO adalah istilah yang hingga sekarang masih belum diketahui secara pasti apa itu sebenarnya SEO itu sendiri. Saya juga masih bingung tentang apa yang dimaksud dengan SEO ini. Tapi yang saya tahu setelah blogwalking kesana-kesini SEO itu merupakan teknik agar website kita banyak pengunjung. Nah, agar lebih lanjutnya saya akan mencoba menjabarkan pengertian SEO, dan bagaimana pertama kali istilah SEO itu muncul.

Pengertian SEO

SEO singkatan dari Seacrh Engine Optimazation atau arti dalam bahasa Indonesia adalah mengoptimasi mesin pencari. SEO merupakan serangaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan trafik pengunjung melalui mesin pencari menuju ke web atau blog kita.

Tujuan SEO sendiri adalah menempatkan di posisi teratas dari pencarian mesin pencari, atau sekiranya muncul di halaman pertama, saat pengunjung atau pembaca mencari keyword yang mereka tuliskan.

Berdasarkan Danny Sulivan, ia memaparkan bahwa SEO adalah mulai digunakan pada 26 Juli 1997. Dokumen pertama yang ditemukan menggunakan terms "Search Engine Optimazation" adalah pada pesan spam yang unggah ke Usenet, Usenet itu adalah sebuah forum diskusi, dan Usenet dianggap menjadi cikal bakal forum-forum yang ada di Internet saat ini.

Sejarah awal munculnya istilah SEO

SEO pertama kali dikemukakan oleh Danny Sulivan. Awalnya algoritma mesin pencari hanya berdasarkan informasi yang disediakan webmaster berupa kata kunci meta tag yang terpasang pada kode HTML pada halama web atau Index file seperi yang dilakukan ALIWEB sebagai mesin pencari generasi pertama yang dirilis pada bulan November 1993 setelah pendahulunya WWWC (W3C). Pada saat itu, mesin pencari termasuk google mudah dimanipulasi oleh webmaster untuk meingkatkan trafik website mereka. Para spammer tersebut memasang kata kunci tag meta yang tidak sesuai dengan apa yang ada di dalam web mereka, dengan kata lain yakni menyimpang dari isi web.

Kemudian, Larry page dan Sergey mahasiswa dari Stanford University, mereka adalah pendiri Google. Mereka tidak tinggal diam, mereka mengembangkan "BackRub" (nantinya menjadi google), tersebut adalah sebuah mesin pencari yang mengandalkan algoritma metematis untuk menilai kualitas halaman web. Kalkulasi penilaian berdasarkan algoritma itu lebih dikenal dengan PageRank (PR) , yang memperhitungkan fungsi kuantitas dan kualitas link.

****

Untuk saat ini, teknik SEO pun semakin berkembang, seperti yang sering kita lakukan diantaranya adalah, Link Exchange, Internal Link, Berkomentar di Web atau Blog orang lain, Mempromosikan di Sosial media, dan lain sebagainya, dan saya rasa hal tersebut juga bisa disebut dengan teknik SEO, yakni bertujuan agar traffik suatu web dapat meningkat.

Dan dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa, SEO memiliki arti sempit yakni agar web atau blog kita lebih akrab dengan mesin pencari, dan juga harus perlu diketahui yakni untuk sekarang Mesin pencari google sudah memiliki banyak algoritma yang canggih, jadi untuk keywords yang tidak relevan dengan web dapat terdeteksi oleh algoritma google. 

Selain itu juga, Matt Cutts, ia adalah kepala web spammer, ia menyatakan bahwa google tidak menggunakan tag meta dalam kata kunci dalam peringkat web, jadi disarankan untuk memakai tag meta yang relevan saj, jangan mengobral kata kunci yang berlebihan, karena bisa jadi kata kunci- kata kunci tersebut diabaikan oleh mesin pencari. Sehingga agar web atau blog kita ramai dengan pengunjung sebaiknya kita menuliskan konten-konten yang berkualitas.
Masukkan E-mail Anda untuk berlangganan Wrigrammer.
Cetak PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

| Jika ada pertanyaan, kritik, saran, koreksi, silahkan tuliskan komentar kalian |

Copyright © 2014. wrigrammer - All Rights Reserved | Modified by Ahmad Afandi| Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger