fandinistic
Hallo, Selamat Datang Di Blog Wrigrammer
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Wrigrammer
.

Pengertian dan Sejarah HTML

bernes-lee
(gambar: wikipedia.com)
berners-lee penemu bahasa html

Juni 8 2014 | Sebelum mempelajari lebih jauh ada baiknya jika mengenal dan memahami terlebih dahulu Pengertian dan Sejarah HTML. HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa yang ditemukan dan dikembangkan oleh Berners lee yang "berkolaborasi" dengan Caillau TIM ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989. CERN sendiri merupakan lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa.

Pengertian HTML

HTML merupakan sebuah markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hypertext sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghaslakn tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.

HTML berawal dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang sering disebut dengan Standard Generalized Markup Language (SGML), HTML adalah sebuah bahasa yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini menjadi standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunannya oleh World Wide Web Consortium (WWWC).

Sejarah Singkat HTML

Pada tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda teretntu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa pemrograman yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa pemrograman ini dinamakan Markup Language, karena bahasa ini menggunakan tanda-tanda sebagao basisnya. IBM menamakan sistem ini sebagai Generalized Markup Language (GML).

Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM mempunyai suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik dan kreatif, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi (ISO 8879) yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membaut bahasa ini dari GML milik IBM, namun memberi nama lain, yaitu SGML. ISO mempublikasikannya bahwa bahasa SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Tetapi di luar perkiraan ISO, SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya bagi para pengguna World Wide Web (WWW). Versi terakhir dari HTML untuk saat ini adalah HTML5.

****

Untuk membuat Web, memang harus mengerti dan mempelajari dahulu bahasa pemrograman HTML, karena saya fikri, HTML adalah dasar untuk pembuatan web, sehingga kita khususnya bagi para blogger sudah seharusnya memahami kegunaan dan elemen-elemen dari bahasa HTML, pada postingan berikutnya, Insya Alloh saya akan menuliskan artikel tentang HTML, dan apa saja yang bisa dibuat dengan HTML.

Dan semoga dengan ulasan di atas tadi, kalian dan khusunya saya bisa semangat lagi untuk mempelajari bahasa HTML, dan dapat menjadi blogger yang handal dengan script-script untuk desain web/blog kita, sekiranya itu dulu yang bisa saya tulis kali ini. Semoga bermanfaat.
Masukkan E-mail Anda untuk berlangganan Wrigrammer.
Cetak PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

| Jika ada pertanyaan, kritik, saran, koreksi, silahkan tuliskan komentar kalian |

Copyright © 2014. wrigrammer - All Rights Reserved | Modified by Ahmad Afandi| Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger